Postingan Terbaru :

Fungsi ganjalan antena parabola

Pasang parabola 1,Pasang parabola 2,Tv Online,Channel Tv,LNBF,Parabola,Receiver
Kegunaan ganjalan adalah untuk memaksimalkan setelan deklinasi (sudut kemiringan dish terhadap satelit). Memang untuk setingan deklinasi itu yang bagus menggunakan ulir (baut) sehingga bisa presisi. Tetapi secara primitif stelan itu bisa diganti dengan ganjal (bisa dari bahan plastik).
Sebenarnya fungsi dari stelan deklinasi itu adalah untuk memperbaiki kurva tracking agar pergerakan dari dish di lokasi kita itu sesuai / tepat dengan jalur dari satellite-satellite di atas equator.Untuk hasil tracking yang maksimal maka sudut deklinasi ini harus diusahakan setepat mungkin.
Adapun seberapa pentingnya peran sudut deklinasi itu tergantung dari beberapa hal :
Semakin kecil sudut elevasinya akan semakin terasa kegunaannya. Misalnya satelit pada posisi sudut elevasi 80 derajat tidak akan begitu terasa pengaruh dari stelan deklinasi ini. Lain halnya dengan satelitte yang berposisi pada sudut elevasi kurang dari 30 derajat, akan sangat terasa sekali fungsi dari stelan deklinasi ini.
Deklinasi diperlukan oleh posisi antena parabola yang berada di luar equator(garis katulistiwa). Semakin jauh garis lintang dari equator, semakin terasa pentingnya stelan deklinasi. Jadi bagi yang posisinya ada di garis equator (atau sangat dekat dengan equator) tidak memerlukan stelan deklinasi karena sudut deklinasinya 0 derajat (misalnya daerah Pontianak) tetapi lain halnya jika kita ukur dari Kupang NTT disitu sudut deklinasinya mendekati 1.6 derajat, ini akan sangat terasa sekali manfaatnya.
Pada produk mounting dari Venus, ada beberapa type mounting menggunakan ganjal, biasanya mounting yang didesain dengan menggunakan ganjal itu dilengkapi dengan lembar petunjuk / tabel tentang pemasangan ganjal yang berhubungan dengan lokasi dan ketebalan ganjal dimaksud. Jadi itu sudah merupakan suatu kesatuan, misalnya kita membeli suatu produk lalu ada lembar petunjuk pemakaiannya.
Jadi tabel yang disertakan itu hanya cocok digunakan pada mounting tipe tersebut, dan belum tentu cocok digunakan pada mounting tipe lain seperti pada merek Matrix, Falcom, Tanaka, Starcom dan lainya. Jadi jangan dijadikan acuan. Berdasarkan tabel tersebut kita tidk bisa menerapkannya pada semua jenis mouting. Perlu diingat, bahwa kesalahan dalam memasang ganjal, berarti akan menghasilkan sudut deklinasi yang salah, dan itu akan berakibat ponting dan istalasi antena parabola tidak memberikan hasil maksimal.

Sumber : http://manado-parabola.blogspot.com
Share this article :
 
Proudly powered by
Blogger